ISLAM DI PULAU BALI (BAG. 1)

Agama Islam masuk di Indonesia tidak terlepas dari proses masuknya Islam di Kepulauan Nusantara, waktu pengislaman besar-besaran dimulai pada abad XII M. Kemudian pada abad XIV s/d XVI masehi Islam tersebar di seluruh wilayah Nusantara Indonesia, termasuk di Bali. Beberapa daerah tersebut adalah :


KLUNGKUNG - BALI

Beberapa informasi dari sumber lokal yang dapat dipercaya dan tulisan-tulisan dari Penulis Asing menyatakan bahwa Agama Islam masuk di Pulau Bali pada abad ke XVI masehi. Yaitu pada waktu kerajaan Bali berpusat di Gelgel (Kabupaten Klungkung), di bawah pemerintahan Dhalem Watu Renggong.

Raja Watu Renggong menjadi raja pada tahun 1460 s/d 1550 masehi. Beliau adalah putra dari Dhalem Ngulesir. Pada saat pemerintahan Dhalem Ngulesir, terjadi peristiwa penting dalam Kerajaan Gelgel yaitu Raja Bali tersebut pernah mengadakan kunjungan ke Kraton Majapahit pada waktu pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Setelah pertemuan agung raja-raja Nusantara. Dhalem Ngelesir pulang kembali ke Bali beliau ditemani 40 orang pengiring yang memeluk agama Islam. Dari sinilah agama Islam masuk di wilayah Klungkung.

0 komentar:

Posting Komentar