UCAPAN TERIMA KASIH


Dengan memanjatkan Puji Syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Taufik, Hidayah, Inayah dan Rahmat kepada hambanya dalam menyelesaikan sejarah wujudnya Makam Wali Pitu di Bali hasil dari penelitian perkembangan dan pengembangan Islam di Bali sehingga dapat dapat dijadikan pengetahuan dan informasi tentang keberadaan Umat Islam di Bali.

Dengan telah diselesaikannya penemuan ini maka diharapkan dapat lebih baik dan lebih mudah untuk dipahami serta dimengerti maksud dan tujuannya terutama tentang proses penemuan Makam Wali Pitu, termasuk paling akhir dalam tahun 2000 ini diketemukannya juga Gua Saba' Batu Pageh di Perbukitan Desa Ungasan di wilayah kawasan Nusa Dua yang keadaan alamnya penuh dengan pesona keindahan mata memandang, lika-liku bukit dan gunung serta dapat memandang laut selatan Pulau Bali yang lepas dan luas seakan dapat menembus cakrawala dunia yang tak terbatas, disamping itu bila diperhatikan juga dapat dirasakan betapa masyarakat atau penduduknya dalam pergaulan hidup antar bangsa dan umat beragama saling bertoleransi hormat menghormati menjaga kerukunan dan perdamaian sehingga keadaan menjadi tentram aman dan damai.

Khususnya bagi Umat Islam dengan adanya Makam Wali Pitu dan Gua Saba' Batu Pageh di Bali kiranya mempunyai daya tarik tersendiri untuk mengunjungi datang berziarah di tempat tersebut yang mengandung sejarah yang telah dirintis sejak zaman dahulu oleh Para Muballigh, Para Ulama, dan Para Auliya' sampai sekarang demi untuk perkembangan dan pengembangan Islam di Bali.

Namun karena dalam mengadakan penelitian waktunya sangat terbatas dan relatif sangat singkat maka dalam penelitian, penggalian, dan penyelidikan tentang sejarah masing-masing Makam Auliya' belum dapat disusun secara sempurna serta banyak kekurangannya, tetapi telah diusahakan secara maksimal untuk disusun sebaik-baiknya sehingga kiranya dapat membawa manfaat bagi kepentingan bersama.
Selanjutnya perlu sekali adanya tindak lanjut untuk mengadakan penelitian lebih mendalam, mengenai segala sesuatu tentang keberadaan Makam Wali Pitu dan Gua Saba' Batu Pageh di Bali guna mendapatkan data otentik sebagai tanda bukti kebenaran kisah sejarah tersebut seperti adanya tonggak batu prasasti atau benda¬-benda arkeologi peninggalan sejarah yang bersangkutan, hal tersebut bilamana penemuan yang ada belum berhasil menemukan atau menunjukkan data bukti otentik tersebut maka kiranya para ahli Peneliti yang berminat untuk mendarma baktikan keahliannya demi kepentingan penggalian lanjutan sejarah wujudnya Makam Wali Pitu atau Para Auliya' di Bali, yang mana penemuan yang ada sekarang ini adalah sebagai awal penggalian dan untuk masa yang akan datang bagi generasi penerus masa depan.
Selanjutnya penemu mengucapkan banyak terima kasih dari semua pihak yang telah membantu terwujudnya buku ini yaitu dari sahabat karib atau teman dekat, Para Ulama dan tokoh-tokoh masyarakat terutama dari Bapak-bapak pejabat instansi pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini adalah :

  1. Pemda Dati I Propinsi Jawa Timur.
  2. Cq.Kadit Sospol Propinsi Jawa Timur.
  3. Pemda Dati I Propinsi Bali.
  4. Cq.Kadit Sospol Propinsi Bali.
  5. Kadit Sospol Dati II Kabupaten Badung.
  6. Kadit Sospol Dati 11 Kabupaten Klungkung.
  7. Kadit Sospol Dati 11 Kabupaten Karangasem.
  8. Kadit Sospol Dati II Kabupaten Buleleng.
  9. Dan semua jajaran yang telah memberi izin penelitian perkembangan dan pengembangan Islam di Bali, yang juga telah membantu dalam pelaksanaan di lapangan.

Semoga risalah ini dapat menambah pengetahuan Islam dan juga dapat menambah wawasan serta dapat digunakan sebagai sumber Informasi tentang keberadaan Makam Wali Pitu Bali.

Akhirnya penemu mohon ampun kepada Allah SWT. atas segala kesalahan serta kekhilafan dalam mempersembahkan risalah ini, mudah-mudahan tulisan yang kecil ini bermanfaat bagi Nusa Bangsa, Negara dan agama. Amin Ya Robbal Alamin

0 komentar:

Posting Komentar