ISLAM DI PULAU BALI (BAG. 2)



KARANGASEM - BALI

Kepulangan Dhalem Ngelesir ke Bali, setelah menghadiri pertemuan agung di Majapahit, yang disertai oleh 40 orang pengiring yang telah memeluk Islam menjadi cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam di Bali.

Namun setelah beberapa lama terdapat dua orang dari empat puluh orang pengiring tersebut yaitu Raden Modin dan Kyai Jalil pergi meninggalkan Gelgel menuju ke Timur. Perjalanan mereka sampai di wilayah Banjar lebah dan Raden Modin memutuskan untuk menetap di wilayah tersebut sedang Kyai Jalil melanjutkan perjalanannya terus ke timur.

Perjalanan Kyai Jalil hingga sampai di perbukitan Kemutuk, beliau bertemu dengan sejumlah penduduk dari Desa Saren yang lari ketakutan untuk menyelamatkan diri dari amukan seekor banteng buas yang sedang mengamuk di desanya. 

Para penduduk desa itu setelah bertemu dengan Kyai Jalil memohon pertolongan agar membunuh banteng yang ganas itu, kemudian Kyai Jalil dengan pertolongan Allah dapat membunuh banteng buas tersebut.

Akhirnya Kyai Jalil menetap di Desa Saren Jawa Kabupaten Karangasem untuk menumbuhkan dan menyebarkan Agama Islam di sekitar desa tersebut hingga akhir hayat dan beliau juga di makamkan di sana. 

Makam Raden Kyai Abdul Jalil
Desa Saren Jawa - Karangasem

0 komentar:

Posting Komentar